Jumat, 17 Oktober 2014

Tomat Penting untuk Mencegah Kanker Prostat

Penelitian terkini menunjukan bahwa mengkonsumsi tomat dapat menurunkan risiko kanker prostat. Pada kenyataannya Tomat memang penting untuk mencegah kanker prostat. Pria yang mengonsumsi lebih dari 10 porsi tomat setiap minggu mengurangi risiko sekitar 20%, menurut sebuah penelitian di Inggris.

Penyakit kanker prostat adalah kanker paling umum kedua yang di alami pria di seluruh dunia, dengan 35.000 kasus baru dan sekitar 10.000 kematian di Inggris setiap tahunnya.

Ahli kanker merekomendasikan makan diet seimbang yang kaya akan buah dan sayuran dan rendah akan daging merah, lemak dan garam.
Pria harus tetap makan berbagai macam buah-buahan dan sayuran, menjaga berat badan yang sehat dan tetap aktif " ungkap Vanessa Er dari Bristol University

Tim peneliti dari Bristol University menganalisis diet dan gaya hidup sekitar 20.000 pria Inggris berusia antara 50 dan 69.

Mereka menemukan pria yang mengkonsumsi lebih dari 10 porsi tomat setiap minggu - seperti tomat segar, jus tomat mengalami penurunan 18% risiko kanker prostat.

Makan lima porsi buah atau sayuran atau lebih dalam sehari, juga ditemukan dapat mengurangi risiko kanker prostat sebesar 24%.

"Temuan kami menunjukkan bahwa tomat mungkin penting dalam pencegahan kanker prostat," kata Vanessa Er, dari Sekolah Sosial dan Pengobatan Masyarakat di Bristol University.

"Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi temuan kami, khususnya melalui uji klinis.

"Pria harus tetap makan berbagai macam buah-buahan dan sayuran, menjaga berat badan yang sehat dan tetap aktif."

Sifat tomat yang dianggap dapat mencegah dan mengobati kanker prostat karena mengandung lycopene, antioksidan yang dapat melindungi DNA dan kerusakan sel.

Para peneliti juga mengamati dua komponen lainnya diet dikaitkan dengan risiko kanker prostat - selenium, ditemukan dalam makanan berbasis tepung-seperti roti dan pasta, dan kalsium, yang ditemukan dalam produk susu seperti susu dan keju

Pria yang memiliki asupan optimal dari tiga komponen diet ini memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat, kata mereka.

Mengomentari studi ini, Dr Iain Frame dari Prostate Cancer UK mengatakan saat ini belum cukup bukti untuk membuat rekomendasi konkret akan suatu makanan tertentu untuk mengurangi risiko kanker prostat.

"Apa yang kita tahu adalah bahwa laki-laki tidak boleh terlalu bergantung pada satu jenis makanan, seperti tomat," katanya.

"Sebuah diet sehat dan seimbang dengan banyak buah dan sayuran segar, bersama dengan olahraga teratur adalah pilihan terbaik."

Tom Stansfeld of Cancer Research UK menambahkan: "Sambil makan makanan yang kaya lycopene - seperti tomat - atau selenium dapat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat, ini belum terbukti, dan penelitian ini tidak dapat mengkonfirmasi apakah ada adalah hubungan antara diet dan risiko kanker prostat.

"Diet dan pencegahan kanker adalah masalah yang kompleks dengan sedikit jawaban hitam dan putih, kami mendorong semua orang untuk makan diet seimbang yang kaya akan buah dan sayuran dan rendah daging olahan, lemak dan garam."

Referensi: http://www.bbc.com/news/health-28950093

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar