Rabu, 18 Juni 2014

Diet Penderita Asam Urat

Diet bagi penderita asam urat merupakan hal yang paling penting selain menjalani pengobatan asam urat yang tepat. Jadi apa makanan yang tepat dan yang harus di hindari bagi penderita asam urat? Jawabannya adalah menghindari makanan yang tinggi kandungan zat purin. Karena purin merupakan zat yang akan dipecah menjadi asam urat di dalam tubuh. Sehingga otomatis ketika Anda mengkonsumsi makanan yang tinggi zat purin dalam diet, maka kadar asam urat akan meningkat pula. Berikut ini makanan yang tinggi zat purin:
  1. Jeroan, seperti hati, ginjal, dan otak
  2. Daging, yakni daging kambing, daging sapi, babi, dan domba
  3. Ikan teri, sarden, herring, mackerel, dan kerang
  4. Kacang-kacangan
Selain ke empat jenis makanan di atas Anda juga harus menghindari mengkonsumsi alkohol dan stop merokok dalam menjalani diet bagi penderita asam urat ini.

Makanan yang masih dapat Anda makan ( kadang-kadang ) walaupun mengandung kadar zat purin tingi yakni:
  1. Ikan dan seafood selain yang tercantum di atas
  2. Oatmeal dan gandum
Nah makanan berikut ini masih aman untuk Anda konsumsi ( rendah kadar purin )
  1. Sayuran hijau dan tomat
  2. Buah dan jus buah
  3. Roti dan sereal yang tidak gandum
  4. Mentega, keju, dan telur
  5. Coklat
  6. Teh
diet penderita asam urat
Sedangkan makanan yang mampu menurunkan kadar asam urat adalah susu tanpa lemak dan yogurt rendah lemak. Kedua jenis makanan ini sangat dianjurkan untuk dimasukan kedalam diet Anda.

Dengan menjalani diet penderita asam urat diharapkan dapat membantu menurunkan risiko Anda terkena serangan asam urat di masa mendatang. Banyak juga ahli dan dokter yang menyarankan bagi orang gemuk ( obesitas ) yang mengidap asam urat, untuk menjalani program penurunan berat badannya dengan berolahraga secara teratur.Serta mengatur asupan kalori dalam dietnya.

Demikianlah artikel mengenai diet bagi penderita asam urat ini, semoga dapat bermanfaat bagi Anda sekalian. Salam sehat selalu
Sumber : WebMD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar