Minggu, 06 Juli 2014

Cara Mencegah Penyakit Asam Urat

Cara Mencegah Penyakit Asam Urat
Diperkirakan bahwa 2 juta orang di dunia saat ini menderita penyakit asam urat, salah satu jenis penyakit arthritis yang disebabkan kadar asam urat yang terlalu tinggi. Asam urat diproduksi oleh hati dan dari sana akan masuk ke dalam aliran darah dan persendian. Cara mencegah penyakit asam urat pada dasarnya adalah mencegah pengkristalan asam urat yang mengendap dalam persendian.

Cara mencegah penyakit asam urat dengan mengontrol berat badan ideal

Penyakit asam urat umumnya menghampiri orang-orang yang kelebihan berat badan. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mempertahankan berat badan yang ideal dan sehat untuk mencegah serangan penyakit asam urat. Ini berarti Anda harus memperhatikan pola makan dan rutin untuk melakukan aktivitas fisik seperti berlolahraga.

Pencegahan Asam Urat Dengan Mengkonsumsi Banyak Cairan

  • Minum banyak air putih antara 8 sampai 16 gelas air sehari akan membantu mengeluarkan zat asam urat berlebih dari dalam tubuh.
  • Minum segelas air lemon setelah makan malam. Lemon kaya akan Vitamin C yang dapat merangsang produksi kalsium karbonat, yang akan mengurangi asam urat dalam tubuh. Setelah makan malam, peraslah 1 buah lemon ke dalam segelas air hangat.
  • Cairan dari teh herbal juga baik untuk mencegah asam urat, tetapi hindari alkohol atau kopi.
  • Batasi konsumsi alkohol Anda. Alkohol menghambat pengolahan asam urat dalam hati Anda. Penelitian telah menunjukkan minum sejumlah besar bir bisa sangat buruk bagi penderita asam urat.

Cara Mencegah Penyakit Asam Urat Dengan Pola Makan Sehat

  • Batasi konsumsi makanan yang kaya purin, yang kemudian terurai menjadi asam urat selama proses pencernaan. Makanan ini termasuk daging merah, kerang, kacang polong, daging organ, ikan teri, herring, asparagus dan jamur.
  • Makanlah makanan yang kaya kalium, seperti alpukat, buah persik kering, pisang, jus jeruk, wortel, kentang panggang (dengan kulit), kacang lima, ubi jalar, serta ubi kering. Kalium mineral penting dalam pencegahan asam urat karena mengatur kadar asam urat dalam tubuh. Ini seperti Anda mendapatkan khasiat obat asam urat herbal dengan makanan-makanan tersebut.
  • Mengambil suplemen kalium jika Anda merasa Anda tidak mendapatkan cukup kalium dari makanan Anda.

Hal Lain Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pencegahan Asam Urat

  • Hindari obat-obatan diuretik, karena mereka dapat mengurangi jumlah kalium dalam tubuh Anda. Diuretik meningkatkan meningkatkan sekresi kalium dari tubuh.
  • Pembedahan dan penurunan berat badan yang ekstrim juga dapat memicu hilangnya kalium dan menyebabkan asam urat.
  • Dapatkan diuji oleh dokter jika Anda memiliki riwayat keluarga asam urat, yang dapat menjadi penyakit metabolik keturunan. Risiko meningkat untuk laki-laki berusia lebih dari 40 tahun dan wanita setelah menopause. Pria berada pada risiko tertinggi untuk penyakit ini.
  • Mempertimbangkan untuk mengambil quercetin (dengan bromelain) atau suplemen vitamin C. Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen ini dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Namun pengunaannya harus dikonsultasikan dengan dokter Anda.
Penyakit asam urat termasuk salah satu penyakit yang sukar untuk diobati, oleh karena itu pencegahan penyakit asam urat sangat penting diterapkan dalam kehidupan Anda.
Referensi: www.wikihow.com/Prevent-Gout

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar