Jumat, 01 Agustus 2014

Makanan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Makanan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi
Kali ini admin akan berbagi mengenai makanan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi yang di ambil dari situs grosir amazon plus.com. Dimana daftar makanan ini bisa Anda pakai untuk pola diet keseharian Anda dalam melawan penyakit kolesterol. Inilah solusi yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi untuk menunjang efektifitas terapi obat herbal kolesterol yang sedang Anda jalankan.
  • Oatmeal mengandung serat larut yang dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dari dalam tubuh. Selain oatmeal serat larut juga dapat ditemukan pada kacang merah, pisang, apel, pir dan buah prune. Cara kerja serat larut adalah mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah, sehingga tidak menumpuk di dalam pembuluh darah.
  • Anggur Merah, mungkin memiliki dampak yang signifikan pada penurunan kadar kolesterol. Sebuah studi yang dilakukan oleh The Department of Metabolism and Nutrition di Universidad Complutense de Madrid asal Spanyol menemukan bahwa ada penurunan kadar LDL sebesar 9%-12% pada orang yang mengkonsumsi buah anggur merah.
  • Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan kembung, sarden, tuna dan salmon. Selain menurunkan tingkat kolesterol jahat, Omega 3 juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah serta risiko kematian mendadak akibat serangan jantung.
  • Kacang-kacangan seperti almond dan kenari juga mampu menurunkan kolesterol tinggi, karena kandungan asam lemak tak jenuh ganda, yang juga baik bagi kesehatan pembuluh darah. Untuk mendapatkan hasil terbaik jangan makan kacang-kacangan yang sudah dicampur garam atau gula.
  • Kacang Panjang, Para peneliti di Arizona State University Polytechnic menemukan bahwa menambahkan 1/2 cangkir sup kacang panjang dapat menurunkan kolesterol total dan LDL, hingga 8%. Hal ini dikarenakan kacang panjang mengandung banyak serat yang telah terbukti memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam jenis makanan tertentu.
  • Teh hitam, Disamping bisa berguna untuk pencegahan kanker, teh hitam ternyata juga mampu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Berdasarkan penelitian dari USDA teh hitam dapat menurunkan kolesterol tinggi hingga 10% hanya dalam waktu 3 minggu.
  • Alpukat adalah sumber dari lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak yang benar-benar dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL sambil menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Alpukat mengandung beta-sitosterol, yakni lemak nabati untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Karena alpukat cukup tinggi kalori dan lemak maka sebaiknya jangan terlalu sering untuk dikonsumsi.
  • Buah zaitun merupakan karunia alam yang sangat menakjubkan. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan zaitun hydroxytyrosol di dalamnya yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, namun tidak mengurangi tingkat kolesterol baik di dalam tubuh (HDL). Buah zaitun ini merupakan salah satu makanan yang pasti masuk kedalam menu masakan masyarakat Mediterania. Dan ini berbanding positif dengan kesehatan kardiovaskular masyarakat tersebut. Selain buahnya, minyak zaitun juga sangat berkasiat karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E, yang baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik.
  • Yoghurt bebas lemak adalah pilihan berikutnya karena kaya akan protein, kalsium dan mikroorganisme Lactobacillus yang juga dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi.
  • Buah dan sayuran yang kaya antioksidan dapat menurunkan tingkat kolesterol tinggi dan juga melindungi jantung. Jenis buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol adalah: blueberry, strawberry, acai berry, blackberry, cranberry, jambu biji, mangga, kubis, brokoli, paprika, cabai, aprikot, mangga, labu, ubi jalar, wortel, dan bayam. Sebaiknya Anda memasukan porsi buah dan sayuran di setiap kali Anda makan.
  • Kedelai dan aneka jenis makanan yang terbuat darinya, seperti tahu, tempe dan susu kedelai, disebut-sebut sebagai salah satu makanan penurun kolesterol tinggi yang ampuh. Analisis menunjukkan bahwa mengkonsumsi 25 gram protein kedelai per hari (10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5% sampai 6%.
  • Bawang putih telah dipercaya selama berabad-abad berpengaruh positif terhadap kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih juga dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol tinggi dan melindungi jantung. Yang terbaik adalah mengkonsumsi bawang putih mentah yang dapat Anda masukan ke dalam salad atau menu makanan lain. Bawang putih ini juga merupakan salah satu faktor penentu dalam diet ala Mediterania seperti halnya buah zaitun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar